Memilih Sepeda Gunung (MTB)




Image: tommysuperstar.com

Memilih sepeda, khususnya untuk sepeda gunung (MTB) bukan hal yang mudah. Pas masuk toko sepeda ada beragam pilihan yang membingungkan, termasuk saya yang bingung memilih.,he he...

Tanpa pengetahuan mengenai sepeda bisa-bisa yang kita beli sepeda yang tidak sesuai dengan fungsinya. Bagi yang berkantong tebal sih ga menjadi masalah membeli sepeda tentunya itu bukan problem yang serius. Tapi bagi kita yang harus menabung sedikit demi sedikit untuk membeli sepeda, salah memilih ya nyesel di hati.. :)





Ada tips yang pernah saya baca untuk memilih sepeda MTB:




  • Membeli sepeda jangan hanya karena senang pada bentuknya, tapi prioritaskan pada fungsi sepeda dan kebutuhan kita. Jangan sampai sepeda untuk cross country malah beli downhill.

  • Tentukan dulu penggunaannya untuk apa. Jangan sampai salah setting. Misalnya sepeda untuk cross country dipakai untuk downhill, bisa ga tahan framenya.


Related post: Klasifikasi Sepeda Gunung MTB

Beli Sudah Jadi Atau Merakit Sendiri

Sepeda gunung bisa dibeli dalam bentuk sepeda jadi (full-bike) maupun rakitan yang komponennya kita tentukan sendiri. Sebagai pemula mana yang harus dipilih?


Pilihan pertama, membeli full-bike, kita datang langsung ke toko dan memilih sepeda sesuai dengan pilihan dan pastinya menyesuaikan dengan harga yang di anggarkan.


Pilihan kedua, membeli sepeda rakitan, konsekuensinya kita harus memilih komponen dan merakitnya. Buat kita yang masih belum faham tentang persepedahan alangkah baiknya membawa teman atau siapa saja yang sudah faham tentang sepeda.







Memilih Hardtail Atau Full-Suspension?


Bagi pemula untuk memilih sepeda MTB disarankan dengan hardtail, alasan tersebut untuk membiasakan diri dengan sepeda yang lebih ringan, tapi bagi yang sudah memilih full-suspension tidak masalah. Alasan penyaranan untuk pemilihan hardtail ini perawatannya mudah dan lebih ringan dibanding full-suspension. Akan tetapi, saat ini untuk performa sepeda full-suspension sudah mendekati hardtail. Ya pastinya, harga menentukan kualitas. he..he..






Menentukan Dulu Anggaran Belanja Sepeda Yang Sesuai Dengan Kemampuan


Membeli sepeda yang diinginkan harus diperhatikan juga anggaran belanja yang kita keluarkan, jangan sampai bisa membeli sepeda tapi lupa akan kebutuhan yang lebih pokok. Ampunn... 


Sepeda gunung sudah banyak yang memiliki harga lumayan murah, bisa dibeli mulai dari harga 700 ribuan sampai puluhan juta rupiah. So pasti, untuk kualitas bahan, fitur dan desainnya lah yang membedakan. Sepeda gunung seharga 700 ribu framenya masih terbuat dari besi, sedangkan yang puluhan juta berbahan serat karbon, bahan yang sama dengan pesawat terbang. Bagi kebanyakan orang, frame berbahan aluminium sudah mencukupi. Tetapi sekadar saran, jika anggaran mencukupi, jangan membeli sepeda gunung dengan harga di bawah 1 juta rupiah. Untuk pemula yang sekadar untuk bicycling for fun, sepeda seharga 1,5 – 3 juta rupiah sudah sangat mumpuni. Kecuali jika sudah mulai hobi dan tercandu, untuk sepeda puluhan juta rupiah pun disanggupi.


Nah, sekarang kembali kepada diri sendiri, pilihan mana yang diinginkan. Oke, itu saja sharing saya salam gowes....




Referensi:
[1]. kanisiusbicycleclub.wordpress.com


Post a Comment

0 Comments