Pencak Silat

Pencak Silat
Pencak Silat berasal dari dua kata yaitu Pencak dan Silat. Pencak berasal dari bahasa Jawa, mencak yang artinya gerak-tingkah siap bertarung dan Silat berasal dari bahasa Melayu, ilat yang berarti siasat dan bahasa Jawa Kuno sila yang berarti akhlak. Beberapa orang mengartikan Pencak sebagai sistem beladiri permainan, teori. Sedangkan Silat sebagai sistem beladiri yang sebenarnya, praktik. Pendapat tersebut tidaklah benar. Dalam arti yang sebenarnya, Pencak dan Silat mengandung pengertian sebagai sistem beladiri permainan maupun sebenarnya, teori dan praktik sesuai keperluannya. Dengan demikian, kata Pencak dan Silat mempunyai pengertian yang sama[1].
Pencak silat atau silat adalah seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Selain di negeri asal (Indonesia), Pencak Silat juga secara luas dikenal di berbagai negara diantaranya Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara. Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI)[2].

Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (PERSILAT), yang dibentuk oleh 4 negara yaitu[2]:
  1. Indonesia, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI),
  2. Malaysia, Persekutuan Silat Kebangsaan Malaysia (PESAKA),
  3. Singapura, Persekutuan Silat Singapura (PERSISI) dan
  4. Brunei Darussalam, Persekutuan Silat Kebangsaan Brunei Darussalam (PERSIB).
Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai Diri.[3]

Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika. Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional. Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada didalamnya.


Sumber:
[1] http://www.serba-indonesia.com/sejarah-pencak-silat.htm
[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Persekutuan_Pencak_Silat_Antarabangsa
[3] http://id.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat

Image: www.cifaclub.com

Post a Comment

0 Comments