Sepeda Listrik

Sepeda Listrik
Sepeda motor listrik atau sering disebut Sepeda Listrik adalah kendaraan tanpa bahan bakar minyak yang digerakkan oleh dinamo dan akumulator. Seiring dengan mencuatnya masalah pemanasan global dan kelangkaan BBM maka kini produsen kendaraan berlomba-lomba menciptakan kendaraan hibrida, dan sepeda motor listrik termasuk salah satu di dalamnya. Sampai sekarang di Indonesia telah tersedia tipe dengan kecepatan 60 km/jam, dilengkapi rem cakram, lampu penerangan dekat dan jauh, lampu sein, lampu rem serta klakson[1].

Meskipun penggunanya belum banyak, namun kendaraan ramah lingkungan ini mulai dilirik banyak konsumen. Dengan kondisi kemacetan di kota-kota, dengan mengendarai sepeda listrik, anda bisa lebh menghemat waktu daripada harus berada diantara kemacetan.

Sumber Tenaga
Sumber tenaga untuk sepeda listrik secara umum bersumber pada tenaga sebuah sepeda motor hibrida adalah akumulator, tapi perkembangan dalam sel bahan bakar menyebabkan terciptanya beberapa prototipe menggunakannya. Beberapa contoh misalnya ENV dari Intelligent Energy memanfaatkan proses Fuel Cell hidrogen, pada Honda teknologi ini diberi nama Honda FC Stack, dan FC-AQEL pada Yamaha. Terdapat pula sepeda motor listrik-hibrida berbahan bakar yang sedang dikembangkan. Contoh jenis ini misalnya adalah Ecycle, dan Gen-RYU dari Yamaha[1].

Dan kini banyak dilakukan inovasi dan terobosan baru dalam menciptakan jenis baterai sebagai sumber energi yang dapat menunjang jarak tempuh kendaraan ini.

Referensi:
[1] https://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda_motor_listrik

Post a Comment

0 Comments