Breaking

Stasiun Bogor Masa Lalu

Stasiun Bogor masa lalu
Stasiun Bogor masa lalu? ehm, serasa tergugah untuk mengetahui seperti apa Stasiun Bogor masa lalu. Diatas merupakan sebuah foto yang menerangkan Stasiun Bogor yang dibangun pada tahun 1872. Pembangunan stasiun itu untuk mempercepat lalu lintas barang dan manusia antara Buitenzorg (Bogor) dan Batavia (Jakarta), menggunakan kereta api, yang sebelumnya bergantung pada kereta kuda.

Foto lain bercerita, di depan Stasiun Bogor pada 1910, dibangun Taman Wilhelmina atau Taman Kebon Kembang. Pada 1970, sebagian kawasan diubah menjadi terminal angkutan kota.

Stasiun Bogor zaman dulu

Foto Stasiun Bogor yang diambil pada tanggal 08-10-1904 oleh M. Louise Treub, seorang kerabat dari Melchior Treub (1851-1910) yang saat itu menjabat sebagai kepala Kebun Raya Bogor.

Bangunan ini adalah bagian dari sejarah perkeretaapian di Indonesia. Pada tahun 1881, pemerintah kolonial membangun perhentian terakhir untuk jalur kereta api yang menghubungkan kota Batavia dan Buitenzorg (nama Bogor ketika itu). Sebelumnya, kedua kota hanya dihubungkan oleh moda transportasi tradisional seperti kereta kuda.

Seiring waktu, usia dari terminal tersebut tidak bertahan lama. Taman Wilhelmina diubah menjadi Taman Topi yang sampai kini terdiri atas Taman Ade Irma Suryani dan Plaza Kapten Muslihat. Jadi, sebelum Terminal Taman Topi ditutup, pengunjung yang naik kereta dapat turun di Stasiun Bogor kemudian menyeberang dan melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan kota. Inilah bukti bahwa sebelum diubah menjadi Taman Topi, sistem angkutan umum di Kota Bogor pernah terintegrasi.

Apalagi di luar gerbang stasiun, saat Terminal Topi masih ada, juga ramai deretan delman, becak, bemo. Pengunjung bebas memilih menikmati Bogor dengan berbagai sarana transportasi.


Sumber:
http://tempodoeloe.com
http://nationalgeographic.co.id

2 comments:

  1. Wowww.. Pemandangan Stasiun Bogor yang bagus sekali kang. Foto-fotonya luar biasa tuh. Bisa melihat Bogor di masa lalu seperti apa.

    Keep the good job. Keep on writing about Bogor

    ReplyDelete
  2. Hatur nuhun pak, ini juga lagi belajar nulis. Mudah-mudahan bisa seperti LovelyBogor yang sering update.. ^_^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.