Jenis-jenis Panahan


Panahan (Archery) adalah salah satu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakan anak panah. Ada banyak jenis busur yang digunakan sesuai dengan keperluannya, berikut jenis-jenis panahan:

Longbows adalah jenis busur yang tinggi kira-kira sama dengan tinggi pengguna, busur ini tidak signifikan bengkok, memiliki limb relatif sempit sehingga melingkar dan memiliki penampang berbentuk D. Longbows dibuat dari berbagai kayu yang berbeda oleh banyak budaya; di Eropa dari masa awal Paleolitik, dan sejak Zaman Perunggu dibuat terutama dari yew, atau dari elm wych jika yew tidak tersedia. Menurut British Longbow Society, Busur Inggris dibuat agar ketebalannya setidaknya ⅝ (62,5%) dari yang lebar, seperti dalam longbows Victoria, dan lebih luas di pegangan. Hal ini berbeda dengan busur Medieval, yang memiliki ketebalan antara 33% dan 75% dari lebar. Juga, busur Victoria tidak membungkuk sepanjang seluruh panjang, seperti halnya busur abad pertengahan.

image: flat bow - photobucket.com

Flatbow adalah busur dengan dimensi hampir datar dan panjang khas akan flatbow itu 68-70. Busur ini biasanya terbuat dari kayu. Busur datar modern biasanya menggunakan fiberglass.
Image: Shortbow - www.iloveswords.com

Shortbow adalah busur yang memiliki desain versi yang lebih pendek dari longbow maupun flatbow. Kelemahan dari shortbow adalah bahwa tarikan tidak bisa panjang mengingat busurnya juga pendek. Oleh karena itu shortbow juga mempunyai jangkauan lebih pendek dibanding dg longbow atau flatbow. Shortbows dulu lebih banyak digunakan untuk tujuan berburu oleh suku-suku pedalaman Amerika dan Afrika.

Image: Recuva Bow - usaarche.website2go.com[/caption]

Baca juga : Sejarah Panahan

Recurve Bow adalah busur yang digunakan di Olimpiade. Karena busur ini sangat ringan maka kebanyakan atlet profesional lebih suka menggunakan busur ini. Prinsip kerjanya sama dengan longbow tradisional. Dengan material berkwalitas dan ringan, serta lengkungan maksimal sangat membantu memperingan tarikan dan kecepatan yang jauh lebih cepat dari jenis busur generasi sebelumnya.

image: Compound Bow - www.pinterest.com[/caption]

Compound Bow adalah Busur yang sudah menggunakan tehnologi sehingga tenaga yang dibutuhkan untuk menarik busur bisa dikurangi. Karena pada tarikan penuh tenaga yang yang diperlukan untuk menahan berkurang, maka atlet bisa berkonsentrasi ke target. Busur ini menggunakan roda berbentuk elip yang disebut cam pada kedua ujung limb nya untuk mengoptimalkan kecepatan anak panah, yang sekaligus berfungsi untuk mengurangi tenaga atlet ketika menahan busur.

Crossbow adalah busur hasil variasi desain busur secara umum. Limb terpasang horizontal. Desain limb bisa mengadopsi recurve ataupun compound, namun konsep menembaknya tetap sama. Pengguna menarik string secara manual maupun memakai alat penarik, kemudian dikunci pada tempat tertentu. Kemudian dengan memakai alat pemicu anak panah dilontarkan ke target.

Referensi:

_______, Longbow, en.wikipedia.org/wiki (30/03/2016)
_______, Flatbow, en.wikipedia.org/wiki (30/03/2016)
_______, Recurve bow, en.wikipedia.org/wiki (30/03/2016)
_______, Compound bow, en.wikipedia.org/wiki (30/03/2016)
_______, Jenis Busur Panah, leboarchery.blogspot.co.id (30/03/2016)

Post a Comment

1 Comments