Burung Lovebird


Burung Lovebird adalah burung pengicau yang berasal dari benua Afrika tepatnya di Madagascar, burung ini berparuh bengkok dari keluarga Psittacidae yang merupakan satu dari sembilan spesies dari genus Agapornis. Burung ini termasuk burung yang suka berkumpul (sosial), nama yang paling populer dari burung ini dinamai burung lovebird yang artinya burung cinta, karena karakteristik utama pada burung ini adalah senang berdekatan dengan burung lovebird yang lain, bahkan banyak pula yang terus bersama, dan termasuk burung monogami yang memiliki artian sangat setia pada setiap pasangannya sampai mati.

Burung Lovebird ini termasuk burung pemakan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian dan ini dapat dilihat dari karakter paruhnya yang bengkok kecil, memiliki panjang tubuh antara 13 sampai 17 centimeter dan berat badan antara 40 sampai 60 gram.

Burung Lovebird pada umumnya dapat bereproduksi 3 hingga 6 biji telur dengan jangka waktu pengeraman selama 22 hari. Sekitar umur 5 minggu, anak burung lovebird sudah bisa meninggalkan sarangnya. Burung lovebird termasuk jenis burung yang mudah beradaptasi dengan iklim, dan di Indonesia sendiri burung lovebird termasuk jenis burung kicau yang populer. Selain suara burung lovebird, karakter paling mencolok dan pada umumnya paling disukai berada di bagian fisik yang mempunyai warna bulu cantik dan memang burung ini sangat unik dan mudah diternak.

Referensi:

_____, Lovebird, en.wikipedia.org/wiki
_____, Semua Jenis Burung Lovebird, www.situsburung.com
_____, Macam-Macam Jenis Burung Lovebird, www.budidayakenari.com:2015

Post a Comment

0 Comments