Burung Kenari

Burung Kenari yang memiliki nama latin Serinus Canaria merupakan jenis burung penyangi. Burung ini ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15. Nama burung kenari ini tidak berhubungan dengan buah kenari, melainkan diambil dari nama pulau habitat aslinya, yaitu Kepulauan Canary.

Terkesan dengan pertama kali melihat keindahan tubuh burung ini, pelaut tersebut menangkap dan membawanya ke negaranya untuk dibudidaya. Pada waktu yang hampir berdekatan, seorang raja Carlos VII dari kerajaan Spanyol berhasil memenangkan sengketa atas kepulauan Canary. Dan di bawah seorang navitagor Kapal Henry, ia membawa burung ini ke negara Spanyol untuk dikembangbiakan lalu menjualnya ke negara-negara di eropa dan lambat laun juga menyebar ke negara di benua Asia, Amerika, Afrika dan Australia.

Ciri khas suara ngerol durasi panjang merupakan faktor utama yang mampu melambungkan tinggi nama kenari di berbagai kalangan kicau mania. Untuk tembakan ngerol-nya mampu terdengar begitu khas, sebab jarang ada burung yang memiliki tipe suara mirip kenari.

Referensi: 

_____, Burung Kenari, id.wikipedia.org
_____, Suara Burung Kenari, www.situsburung.com
_____, Jenis Burung Kenari, www.situsburung.com

Post a Comment

0 Comments