Asal Usul Ikan Louhan



Anda pernah berkunjung kesebuah toko penjualan akuarium dan melihat ikan-ikan yang indah dan Anda melihat ada seekor ikan dengan kepala yang menonjol unik? Ya, ikan mas koki, haha.. Akan tetapi ikan ini memiliki sisik berwarna indah dan pola hitam tebal di sirip mereka. Ikan ini disebut Ikan louhan atau disebut juga dengan Flowerhorn Cichlid.

Ikan louhan merupakan ikan keluarga Cichlid berukuran besar dan memiliki ragam dengan 1.650 spesies yang diidentifikasi secara ilmiah dan pada setiap tahunnya ditemukan spesies baru. Ikan Louhan secara populer dipelihara dan disimpan di dalam akuarium.

Ikan louhan, pertama kali dibesarkan di Malaysia, Thailand, dan Taiwan, dan mereka akhirnya menjadi populer dengan penggemar akuarium di seluruh dunia. Ikan louhan adalah ikan tropis dengan asal-usul yang ditelusuri kembali ke Malaysia. berikut garis waktunya :

  • 1993: Orang Malaysia memuja ikan yang disebut Kaloi yang berarti kapal perang. Mereka memiliki kepala yang menonjol dan ekor yang panjang. Beberapa orang Taiwan menganggap fitur unik ini membawa kesialan.

  • 1994: Malaysia mengimpor Red Devil Cichlids dan Trimac Cichlids dari Amerika Tengah. Mereka juga mengimpor Red Parrot Cichlids dari Taiwan. Ikan-ikan ini semua dibesarkan bersama yang menciptakan Flowerhorn.

  • 1995: Parrot Cichlids lebih jauh disilangkan dengan Human Face Red God of Fortune, menciptakan jenis baru yang disebut Five-Colours God of Fortune. Ikan itu langsung menjadi bintang akuarium di seluruh Asia, karena warnanya yang indah.

  • 1998: Malaysia mengimpor Seven-Colour Blue Fiery Mouth dari Amerika Tengah. Mereka juga membawa Jin Gang Blood Parrot dari Taiwan dan mereka menyilangkan ikan ini bersama-sama untuk menciptakan hibrida generasi pertama Hua Luo Han Flowerhorn.

Ikan louhan telah disilangkan dan di-‘tweak’ untuk mendapat hasil benjolan nuchal terbesar, warna yang lebih cerah, ekor yang lebih panjang dan pola yang paling berani. Flowerhorns tidak dapat ditemukan di alam liar. Ikan buatan ini telah menjadi hit besar dalam hobi akuarium dan secara bertahap menjadi salah satu ikan yang paling populer disimpan.

Referensi:
Tulisan :
___, Jenis-jenis Ikan Louhan Serta Sejarahnya, http://djoglofish.blogspot.com
___, Ikan Louhan, https://id.wikipedia.org

Post a Comment

0 Comments