Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina


Ada dua tahapan untuk membedakan jenis jantan dan betina pada ikan louhan, yaitu ketika masih anakan dan ketika sudah dewasa. Berikut cara membedakan ikan louhan jenis jantan dan betina :

Membedakan jenis jantan dan betina pada anakan louhan
  1. Bentuk Tubuh – Tubuh anakan ikan louhan jantan akan terlihat lebih panjang dan besar dibandingkan dengan betinanya. Selain itu, sirip anakan ikan louhan jantan juga akan terlihat lebih panjang dan rapih.
  2. Jenong – Untuk jenong anakan ikan louhan jantan juga akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan betinanya, walupun memiliki usia dan ukuran yang sama.
  3. Warna – Anakan ikan louhan jantan akan memiliki warna lebih menarik. Yang dimaksud menarik disini adalah memiliki warna lebih cerah dan pola corak beraturan, beda dengan anakan ikan louhan betina.
  4. Alat Kelamin – Jika anakan ikan louhan jantan dibalik dan bagian perut ditekan, maka akan terlihat alat kelamin yang memiliki dua lubang yang berdekatan dan terlihat tonjolan yang keluar. Sedangkan untuk anakan ikan louhan betina memiliki dua lubang kelamin yang berjauhan dan ketika ditekan tidak terjadi apa-apa.
Membedakan jenis jantan dan betina pada louhan dewasa

Cara membedakan jenis jantan dan betina pada louhan dewasa hampir tidak jauh seperti membedakan jenis jantan dan betina pada anakan louhan yaitu
  1. Bentuk Tubuh – Indukan ikan louhan jantan akan memiliki bentuk tubuh lebih melebar dan memanjang, sedangkan untuk indukan ikan louhan betina memiliki tubuh panjang dan cenderung ramping.
  2. Jenong – Jenong ikan louhan jantan akan memiliki ukuran lebih besar walupun usianya sama. Indukan ikan louhan betina juga memiliki jenong, tetapi ukurannya lebih kecil dan jenong cenderung tidak bercorak.
  3. Warna – Warna dan corak bintik dari indukan ikan louhan jantan lebih bervariasi, dan cenderung lebih cerah. Indukan ikan louhan betina juga memiliki warna yang cantik, tetapi warnanya lebih pucat.
  4. Alat Kelamin – Jika kita menekan alat kelamin indukan ikan louhan jantan, maka akan keluar benjolan kelamin dan akan mengeluarkan sedikit sperma. Sedangkan jika perut indukan ikan louhan betina ditekan maka tidak terjadi perubahan pada kelamin, dan akan mengeluarkan sel telur jika usia betina ikan louhan sudah tua.
Selain cara diatas, kita juga dapat membedakan jenis jantan dan betina pada ikan louhan dengan melihat gerakannya aktif atau tidak. Gerakan ikan louhan jantan lebih aktif dan akan lebih cepat disaat berenang. Sedangkan untuk gerakan indukan ikan louhan betina lebih tenang, anggun, dan lebih memamerkan sirip cantiknya ketika berenang.

Post a Comment

0 Comments