Jenis-jenis Ikan Koi

Ikan Koi termasuk juga dalam type ikan Karper Cyprinuscarpio. Ikan ini banyak dipelihara dan di jadikan kontes karena indah untuk dilihat. Corak warna serta motif yang dipunyai koi hampir sama juga dengan ikan mas, akan tetapi ikan koi memiliki warna yang lebih mencolok serta corak yang beranekaragam. Sehingga ikan koi juga dibedakan berdasar pada alur, bentuk badan serta corak warna yang dipunyainya. Berikut ini jenis-jenis ikan koi yang menjadi favorit :

Ikan Koi Kohaku
Kohaku yaitu type koi yang tertua jika dibanding dengan koi yang lain. Kohaku umumnya memiliki warna basic putih dengan corak warna merah diatasnya. Beberapa besar kohaku mempunyai alur basic warna putih dengan corak warna merah yang mempunyai kwalitas paling baik. Terdapat beberapa type yang termasuk juga dalam spesies kohaku, satu diantaranya : Tancho Kohaku, Maruten Kohaku serta Gin RIn Kohaku.


Ikan Koi Taisho Sanke 
Keduanya sama mempunyai warna basic putih solid Taisho Sanke tampak hamper sama juga dengan kohaku. Ketidaksamaannya type koi sanke ada pada alur warna merah yang di gabung dengan warna hitam. Taisho Sanke seringkali dimaksud dengan sanke supaya beberapa pengagum ikan gampang mengatakannya.

Ikan Koi Showa 
Showa Sanshoku atau yang lebih akrab di panggil showa sesungguhnya agak sama juga dengan sanke. Ketidaksamaan paling perlu pada ke-2 type koi ini ada pada alur hitam yang ada pada ikan ini. Alur hitam pada showa menebar di semua badan tengah sanke cuma di bagian atas saja. Alur hitam pada showa ada pula di bagian kepalanya, tengah untuk tidak sanke.

Ikan Koi Asagi 
Asagi yaitu type ikan koi asli jepang yang mempunyai alur biru di bagian belakang badan serta gabungan merah-oranye di bagian perut serta sirip. Type koi paling baik pada spesies asagi yaitu koi yang mempunyai alur merah di atas garis lateral, alur merah itu tidak memanjang.

Ikan Koi Shusui
Shusui yaitu keturunan dari spesies Asagi yang pasti dapat dibedakan dari sedikit ketidaksamaan yang ada. Ketidaksamaan itu ada pada warna sisik dorsal yang membedakan warna jaring biru pada koi Asagi. Jadi ikan keturunan jadi Anda butuh menyimaknya supaya tidak salah dengan koi type Asagi.


Ikan Koi Tancho
Tancho yaitu type ikan koi yang termasuk dalam spesies kohaku. Ikan ini sekian popular pada group spesies itu. Terdapat beberapa narasi legenda yang buat koi tancho demikian di hormati oleh sebagian orang Jepang. Tanda tanda koi tancho dapat Anda jumpai di bagian kepalanya, yakni ada titik merah/sama gambar bendera Jepang yg tidak didapati pada type koi yang lain.

Ikan Koi Shiro Utsuri
Ikan Shiro utsuri mempunyai ketidaksamaan yang mencolok dibanding ke-6 ikan di atas. Koi ini memiliki warna basic hitam dengan corak warna putih. Type koi paling baik pada spesies shiro utsuri mempunyai kekhasan paduan warna hitam serta putih dibagian kepala.

Ikan Koi Ki Utsuri
Ki utsuri yaitu type koi termahal karna jumlahnya yang sedikit. Ikan ini termasuk spesies langka yang susah untuk didapati. Badannya mempunyai warna basic hitam serta ditambah dengan corak warna kuning. Berhubung harga nya yang cukup mahal, Anda mesti siaga saat kehendaki beli koi ini, jangan pernah salah dengan type utsuri beda.

Ikan Koi Matsuba
Matsuba yaitu ikan koi yang mempunyai bermacam type warna basic ditubuhnya. Ikan ini dimaksud ikan koi yang beragam, dari mulai gin matsuba yang berwarna putih, ki matsuba yang berwarna kuning serta aka matsuba yang berwarna basic merah. Umumnya matsuba berwarna logam serta diperlengkapi dengan alur jaring hitam.

Ikan Koi Kumonryu
Jika kehendaki mempunyai koi yang dapat bergonta-ganti warna jadi pilihan Anda juga akan jatuh pada kumonryu. Type koi ini betul-betul buat Anda tidak jemu dengan tampilan koi yang itu-itu saja. Kekuatan merubah alur warna dari putih ke hitam atau gabungan keduanya jadi daya tarik sendiri.

Ikan Koi Kujaku
Mempunyai nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun bukan hanya mirip pada namanya saja, melainkan pada corak warnanya juga hampir mirip dengan kohaku. Koi kujaku berwarna dasar putih disertai corak merah/orange kehitaman secara merata di seluruh tubuhnya.

Post a Comment

0 Comments