Tips Memilih Ikan Koi

Sebelum Anda memilihara ikan koi, sebaiknya Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara memilih ikan koi yang berkualitas bagus. Kalau Anda sebagai pemula ingin membeli ikan koi, sebaiknya belilah ikan koi yang lokal dulu, karena untuk harga ikan koi import harganya cukup mahal dan perawatannya agak sedikit rewel. Untuk koi import Jepang yang ukurannya masih 10 sampai 20 cm saja, harganya bisa mencapai 1 juta ke atas.

Jangan khawati juga, karena ikan koi lokal sudah beradaptasi dengan baik dengan kondisi air di Indonesia, sehingga tidak terlalu rewel untuk urusan kualitas air. Selain itu di Indonesia sendiri breeder-breeder koi peranakan Jepang / F1 sudah banyak, salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan kualitas ikan koi nya oke adalah koi dari Blitar. Selain itu, daerah budidaya koi lain yang punya kualitas koi bagus ada di Sukabumi.

Nah, berikut tips umum memilih ikan koi: 

  • Bentuk tubuh, pilih ikan koi yang tubuhnya berbentuk torpedo, tidak kurus dan tidak buncit perutnya (seperti gambar di atas). Kebanyakan ikan yang punya body seperti ini adalah ikan import, tapi yang lokal atau F1 juga ada. 
  • Corak ikan, Anda juga perlu memahami corak pada ikan, contohnya untuk jenis ikan koi kohaku, yang bagus dia punya warna merah tiga step dan bentuknya rapih. Biasanya semakin rapih coraknya, semakin mahal harganya. 
  • Warna dasar, untuk koi yang berwarna dasar putih, pastikan warnanya benar-benar putih, tidak kekuning-kuningan. Begitupun corak warna lainnya, sebisa mungkin warnanya cerah, kontras dengan warna dasarnya. 
  • Pilihlah ikan yang lincah dan gesit. Kalau Anda melihat ikan yang menyendiri di pinggiran kolam tidak bergabung dengan yang lain, serta terlihat lesu, itu tandanya ikan sedang sakit. 
  • Belilah ikan di toko-toko ikan terkemuka, yang sudah terkenal dan spesialis jualan ikan koi. Biasanya, pemilik toko juga suka ikut melombakan ikan mereka, untuk mendongkrak nilai jual dan pamor toko.
  • Kalau Anda sudah mulai paham dengan seluk-beluk ikan koi, Anda bisa coba merawat ikan koi import. Breeder yang namanya sudah terkenal adalah Sakai, Maruyama, Niigata, Narita. Momotaro dan lainnya. Belilah ikan import dari mereka dan pastikan Anda dapat sertifikat asli dari breeder yang mengeluarkannya tersebut. Di Indonesia importirnya juga sudah banyak.
Itulah beberapa tips umum memilih ikan koi dengan kualitas baik.

Referensi:

Post a Comment

0 Comments