Ikan Discus

Ikan Discus
Ikan discus adalah ikan hias berwarna cerah dan berbentuk unik yang ditemukan pada tahun 1840, oleh Dr. Johann Jacob Heckel di air tawar dari lembah sungai Amazon di Amerika Selatan. Discus (Symphysodon spp.) adalah satu dari tiga spesies ikan air tawar cichlid yang berasal dari lembah Sungai Amazon denga hidup berkelompok, berlindung di tumbuhan bawah tumbuhan air tawar, di mana mereka mendapatkan sinar matahari secara tidak langsung. . Mereka adalah pilihan populer untuk akuarium air tawar. Ikan ini menampilkan warna-warna cerah dan bentuk tubuh gepeng yang khas. Mereka sering disebut secara sinonim sebagai ikan pompadour.
Ukuran Ikan Discus
Ikan discus memulai hidupnya dengan ukuran sangat kecil, sekitar 1-2 inci (2,5-5 cm) panjangnya. Sedangkan ukuran ikan Discus yang matang/Dewasa adalah kira-kira 8–10 inci (20–25 cm).

Makanan Ikan Discus
Di alam bebas, ikan discus memakan makanan bervariasi yaitu tanaman (seperti ganggang dan detritus) dan invertebrata kecil. Mereka cenderung makan lebih banyak invertebrata selama musim air tinggi. Selain tanaman ikan Discus juga akan memakan zooplankton dan serangga kecil lainnya. 

Bagi Anda yang memelihara ikan ini dapat memberi makan dengan pakan hidup atau pakan beku seperti udang air asin, corethra, gammarus, dan cacing darah yang semuanya adalah makanan populer untuk discus. Selain itu juga dapat menggunakan makanan seperti udang, kerang, atau sayuran (brokoli, bayam, dll) yang merupakan pilihan umum lainnya. Pakan buatan, seperti spirulina atau suplemen, juga bisa diberikan.

Sumber :
__Discus, https://ms.wikipedia.org/wiki/Discus_(ikan)
__ https://mydiscusindonesia.wordpress.com/2018/04/02/ikan-discus-cara-merawat-ikan-discus-hingga-dewasa-memijah/
Image : arenahewan.com

Post a Comment

0 Comments